Kurangnya Bahan Baku Sepatu, Penjualan Malah Meningkat Sampai Eropa

0
Kurangnya Bahan Baku Sepatu, Penjualan Malah Meningkat Sampai Eropa
Kurangnya Bahan Baku Sepatu, Penjualan Malah Meningkat Sampai Eropa

Indonesia emang penuh dengan orang-orang kreatif yang terus berkembang. Terutama di sentra industri sepatu. Meningkatnya konsumsi pasar pada sentra industri sepatu membuat bahan baku sepatu meningkat. Hanya saja banyak pula yang terkendala oleh bahan baku yang sulit atau mahal.

Seperti dilansir oleh Tribun Jabar News, sejumlah pekerja membuat sepatu handmade di rumah produksi di kawasan Cibaduyut, Kota Bandung. Rumah produksi dengan 150 pekerja ini setiap bulannya memproduksi 20 ribu pasang sepatu handmade Black Master berbagai macam model dan bahan untuk dipasarkan ke sejumlah kota besar di Indonesia dan 10-20 persen diekspor ke Malaysia dan Singapura, dengan harga jual di pasaran Rp 180 – 500 ribu per pasang. Meski proses produksi lancar, dalam tujuh bulan terakhir rumah produksi ini selalu kesulitan mendapatkan bahan baku, terutama kulit yang harganya terus naik sedangkan harga jual sepatu masih belum bisa dinaikan.

Menurut data, Indonesia termasuk 3 produsen alas kaki terbesar di pasar global. Sejalan dengan hal tersebut, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM terus berupaya melakukan berbagai terobosan inovatif. Salah satunya dengan rencana menghadirkan kampung alas kaki di Gedung SMESCO RumahKU, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

“Bahkan, ada beberapa produk unggulan sepatu kita sudah diekspor ke Itali,” ungkap Direktur Utama LLP KUKM, Ahmad Zabadi. Industri kulit, barang dari kulit dan alas kaki adalah salah satu sektor dengan pertumbuhan produk domestik bruto paling pesat pada awal 2016. Badan Pusat Statistik melaporkan sektor industri tersebut tumbuh 9,21% pada kuartal I/2016 dibandingkan dengan pertumbuhan 3,98% pada seluruh 2015.

Wah, Bobos dan Momos tertarik untuk mengikuti langkah UKM untuk menjual produk sepatu sampai ke luar negeri? Kalau tidak ada modal bisa juga ikuti metode seperti dropshipping dan reseller oleh Bandros.co.id. Apa itu dropshipping? Baca artikelnya disini Perbedaan Reseller dan Dropship

Leave A Reply