Jenis Kemeja Pria yang Wajib Anda Miliki

0

Salah satu pakaian esensial bagi pria adalah kemeja.  Kemeja pria menjadi item fashion yang bisa digunakan pada acara atau event formal seperti pesta atau  kantor, bahkan terdapat kameja dengan gaya casual. Tapi apakah Anda tahu berapa kemeja yang yang harus dimiliki pria? Berikut ini adalah jenis kemeja pria yang wajib dimiliki.

2  Jenis  Kemeja Pria

1. Kemeja pria untuk formal/ dress shirt

Kemeja ini pada umumnya berlengan panjang dan polos. Warnanya sangat mendasar, putih, hitam, dan biru. Anda bisa memilih salah satunya, hanya saja kemeja putih menjadi opsi paling penting dalam koleksi Anda. Kemeja formal digunakan untuk acara atau event formal dan bisa  diaplikasikan dengan jacket/ blazer dan dasi, namun bisa dikenakan juga tanpa keduanya.  Kemeja formal tidak berbahan denim dan bercorat print atau flannel. Di Indonesia, karena tradisi dan budaya, kemeja batik termasuk kemeja yang dikenakan dalam acara-acara formal.

2. Kemeja pria untuk kasual / casual shirt

Kemeja berlengan pendek, tidak terlepas dari bahan dan corak apapun, kemeja berlengan pendek termasuk ke dalam kategori kemeja kasual atau non-formal dan lebih cocok dikenakan untuk acara-event atau memont yang tidak formal. Kemeja kasual harus dikenakan dengan leher tak dikancing  dan tidak cocok jika dikenakan dasi.

 

Bagian penting dari Kemeja Pria

Tidak ada salahnya mengetahui bagian penting dari kemeja karena hal tersebut bisa memudahkan Anda untuk memilih kemeja yang tepat. Anda juga bisa menginformasikan detail kemeja pria kepada pelanggan jika memang Anda seorang pelaku bisnis pakaian.  Ini dia bagian penting dari kemeja,

 

  1. Kerah / Collar

Kerah merupakan bagian paling penting karena kerah adalah objek atau fokus pertama dari kesuluhan kemeja. Ada beberapa tipe kerah, setiap tipenya menentukan level formalitas suatu acara dan dapat disesuaikan dengan bentuk wajah pemiliknya.

  1. Lengan

Bagian lengan kemeja hanya terdiri dari dua saja, lengan pendek dan lengan panjang. Dalam memilih kemeja pria dengan lengan yang pas ukuran, Anda bisa mengukurnya tepat di garis pundak Anda.

  1. Cuff

Cuff adalah bagian pergelangan tangan kemeja. Bagian ini penting karena  menjadi bagian yang terlihat saat mengenakan jacket, jas, atau blazer.   Ukuran cuff sebaiknya lebih panjang  sekitar 1-1,5inchi dari jas/jacket yang dikenakan. Tipe cuff juga bermacam-macam, Anda bisa mencoba bagian varian cuff yang berbeda-beda. 

  1. Placket

Placket adalah baris vertical dengan lubang kancing tepat di bagian kiri depan.  Kemeja formal atau kemeja casual memilikinya.   

  1. Yoke

Yoke adalah bagian kemeja yang menghubungkan kemeja bagian depan dan belakang, selain itu juga untuk menutupi tulang bahu kita. Ada dua model yoke, yaitu one-piece yoke dan two-piece yoke. Kemeja formal biasanya menggunakan one-piece yoke.

  1. Pleat

Pleat adalah bagian tengah punggung belakang.  Pleat di-desain untuk menyesuaikan postur punggung pria. Karena sepertiyang kita tahu bahwa punggung seorang pria tidaklah rata.  Terdiri dari 2 tipe pleat, yaitu box pleat dan side pleat. Namun banyak juga kemeja yang di desain tanpa pleat.

 

 

 

Leave A Reply